0811 850 8828 admin@pulaucinta.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
0811 850 8828 admin@pulaucinta.id

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

12 Tips Wisata ke Pulau Seribu Yang Wajib Anda Tahu

Anda akan berwisata ke Pulau Seribu? Sudah menyiapkan perlengkapannya? Sebagai tempat wisata yang tidak jauh dari Jakarta, Pulau Seribu dikenal sebagai tempat wisata alternatif warga Jakarta.
Sebelum Anda berwisata, simak dahulu tips wisata ke Pulau Seribu dari kami. Dijamin deh, setelah Anda mengikuti tips kami, perjalanan wisata Anda akan semakin seru dan menyenangkan. Berikut tips-tips dari kami:

1. Ajak Orang Lain agar Biaya Wisata Lebih Murah

Biasanya, paket berwisata ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Sepa Kepulauan Seribu, dan lainnya, selalu paket rombongan, dengan minimal empat orang. Tetapi jika Anda berwisata hanya sendiri atau berdua masih bisa, namun nanti Anda akan bergabung dengan rombongan lain. Alasannya untuk efisiensi BBM kapal yang digunakan. Lebih baik, Anda mengajak orang lain, bisa keluarga atau teman-teman Anda agar perjalanan wisatanya semakin seru dan harganya bisa lebih murah jika Anda pergi dengan rombongan Anda.

2. Tentukan Pilihan Wisata sesuai Keinginan Anda

Tentukan pilihan wisata Anda. Anda akan ditawarkan beberapa paket wisata Pulau Seribu, diataranya paket bermalam di pulau atau one day trip. Jika Anda memilih one day trip, Anda akan berkunjung ke beberapa pulau sekaligus dalam satu hari. Sedangkan jika Anda memilih three day trip atau two day trip, Anda akan menginap dan hanya fokus untuk berwisata di satu pulau saja. Anda mau pilih yang mana, itu tergantung dari seberapa banyak budget dan waktu wisata yang Anda miliki, juga selera Anda.

3. Pilihlah Agen Perjalanan Terpercaya

Pastikan Anda memilih agen perjalanan yang terpercaya. Cara mengetahuinya, lihatlah rekam jejak mereka melalui website, media sosial, dan testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa mereka. Agar Anda lebih aman, pilihlah agen perjalanan yang pernah dipakai jasanya oleh teman atau sanak keluarga Anda. Sehingga, Anda memiliki jaminan bahwa agen perjalanan tersebut memiliki kredibilitas yang bisa dipercaya.

4. Pilihan Harga Paket Wisata

Ketika Anda sudah memilih agen perjalanan yang terpercaya, selanjutnya Anda akan menentukan paket wisata yang dipilih. Jika Anda memilih paket yang mahal, saat Anda ingin menyebrang ke pulau, Anda akan berangkat dari Marina Ancol dan Anda akan naik speedboat. Anda tak perlu antri dan menunggu lama.

Sedangkan jika Anda memilih paket yang harganya murah, Anda akan berangkat dari pelabuhan Muara Angke dan Anda akan naik kapal tongkang yang lajunya lebih lambat daripada speedboat. Biasanya setelah sampai di meeting point yang berada di sekitar pelabuhan, Anda akan diantar oleh guide ke kapal. Sesampainya di kapal, guidenya akan pergi lagi untuk mencari rombongan lain yang hendak menyebrang juga. Konsekuensi jika Anda memilih paket ini adalah Anda akan dihadapkan pada antrian serta lamanya waktu yang Anda lakukan untuk menunggu kapal berangkat.

It always seems impossible until it’s done. 

Nelson Mandela

5. Hati-Hati saat Melangkah di Kapal

Ini adalah tips wisata ke Pulau Seribu yang sepele, namun jika diabaikan Anda juga yang akan rugi. Jika Anda berangkat dari Muara Angke, Anda harus berhati-hati saat akan naik dan turun dari kapal tongkang yang membawa Anda. Karena dermaganya kurang ramah bagi penumpang, maka Anda perlu meloncat dari satu kapal ke kapal lain untuk sampai ke dermaga. Akibatnya, seringkali ada wisatawan yang jatuh ke laut saat loncat. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya yah.

6. Ikuti Arahan Tour Guide Anda

Pulau Seribu dikenal sebagai salah satu tempat wisata bahari di Indonesia. Maka, kegiatan wisata Anda akan lebih banyak berhubungan dengan wisata bahari. Ketika Anda berwisata ke Pulau Seribu, Anda akan selalu ditemani oleh tour guide. Mereka akan selalu menemani perjalanan wisata Anda, terutama ketika sedang melakukan perjalanan di laut atau saat snorkeling. Meskipun ombak laut di sekitar Pulau Pari dan Pulau Tidung cukup aman, tapi Anda tetap harus mengikuti arahan tour guide Anda untuk tidak melakukan hal-hal nekat ketika di laut, seperti nekat loncat ke laut ketika perjalanan, atau nekat berenang.

Lalu saat snorkeling, Anda jangan sembarangan menyentuh terumbu karang atau hewan laut yang ada di sekitar Anda Alasannya selain bisa merusak terumbu karang, ternyata ada beberapa jenis tanaman dan hewan laut yang bisa membuat badan Anda gatal-gatal.

7. Buanglah Sampah pada Tempatnya

Hal ini berlaku di semua tempat yang Anda kunjungi, tak hanya ketika Anda berwisata ke Pulau Seribu saja. Jagalah kebersihan tempat wisata yang Anda kunjungi, agar keindahan tempat tersebut dapat terus terjaga. Sayang kan jika Anda berkunjung ke Pulau Seribu tapi malah dikotori dengan sampah Anda? Ingat, bukan hanya Anda saja yang berwisata ke sana. Selain untuk menjaga kebersihan, Anda juga turut membantu menjaga ekosistem laut tetap terjaga dari bahaya sampah anorganik.

8. Pakai Krim Sunblock dan Kacamata Hitam

Bagi Anda yang sering memperhatikan penampilan, jangan lupa untuk memakai krim sunblock ketika anda akan berwisata ke kawasan pantai-pantai di Kepulauan Seribu. Ini juga menjadi salah satu tips wisata ke Pulau Tidung dan pulau-pulau lainnya di Pulau Seribu. Ingat, saat Anda berwisata ke pantai, Anda pasti akan merasakan teriknya sinar matahari langsung. Yah, kecuali jika Anda tidak terlalu memperhatikan penampilan, Anda boleh mengabaikan tips ini hehe.

Oh iya, bicara mengenai perlindungan dari matahari, Anda juga sebaiknya membawa kacamata hitam untuk menlindungi mata Anda dari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari tidak baik jika ditatap langsung menggunakan mata Anda. Akibatnya bisa sampai kebutaan. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

9. Pakai Baju atau Kaus Berbahan Kain Katun

Sebagai salah satu tempat untuk tahun baru di Jakarta yang dikenal sebagai daerah pantai, tentunya daerah ini akan membuat badan Anda sering mengeluarkan keringat. Oleh karena itu, pakailah pakaian yang berbahan kain katun yang dikenal dapat menyerap keringat. Sehingga Anda dapat berwisata di pantai Pulau Seribu dengan lebih nyaman.

10. Bawa Cemilan dari Rumah

Saat Anda berwisata ke Kepulauan Seribu, bawalah cemilan makanan atau minuman dari rumah, atau jika tidak sempat, belilah ketika Anda masih di Jakarta. Selain untuk menemani anda selama berwisata ke Pulau Seribu, hal ini pastinya akan menghemat pengeluaran Anda. Sebagai informasi bagi Anda, harga cemilan yang dijual di kawasan wisata Pulau Seribu bisa lebih mahal ketimbang di Jakarta.

11. Bawa Gadget serta Charger-nya

Di zaman media sosial seperti sekarang ini, rasanya tidak mungkin untuk tidak membagikan pengalaman wisata Anda di Pulau Seribu. Untuk mengabadikan momen-momen Anda saat berwisata, hal yang wajib Anda bawa adalah kamera. Jangan lupa juga untuk memastikan kamera yang Anda bawa baterainya terisi penuh. Selain itu, bawa juga bawa baterai cadangan.

Jika Anda tidak punya kamera, bawalah gadget Anda. Gadget sekarang ini sepertinya tidak mungkin tidak dibekali dengan kamera. Jangan lupa juga untuk membawa charger-nya. Lebih bagus jika Anda membawa travel charger.

Oh iya, jika Anda berencana untuk mendokumentasikan kegiatan Anda saat di laut, bawalah pelindung kamera atau pelindung gadget yang tahan air.

12. Pilih Penginapan dengan Spot yang Keren

Penginapan di pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu rata-rata memiliki fasilitas yag tidak jauh perbedaannya. Yang membedakan hanya pada lokasinya saja. sebaiknya Anda memilih penginapan yang terletak persis di pinggir pantai. Sehingga, Anda dapat menikmati suasana pantai yang lebih baik. Anda bisa memilih beberapa penginapan, mulai dari penginapan di Pulau Tidung, atau jika Anda memiliki budget yang terbatas, Anda dapat mencari Penginapan Pulau Harapan Murah.

Bagaimana tips wisata ke Pulau Seribu dari kami? Apakah bermanfaat bagi Anda? Semoga tips-tips yang kami berikan di atas dapat menjadi referensi Anda ketika berwisata ke Pulau Seribu. Jangan lupa untuk mengabadikan segala kegiatan Anda di spot foto di Jakarta, yang beberapa diantaranya berada di Pulau Seribu. Selamat berwisata dan semoga wisata Anda menyenangkan!

Leave a Reply